4 Cara Mengatasi Nyeri Pergelangan Tangan

Cara Mengatasi Nyeri Pergelangan TanganPergelangan tangan sangat rentan sekali terhadap cedera, misalnya pada saat olahraga atau sedang melakukan aktivitas yang dilakukan secara berulang-ulang. Kondisi yang umumnya terjadi ini tidak berbahaya, namun juga akan berpengaruh pada aktivitas sehari-hari yang akan terganggu.

Rasa nyeri pada pergelangan tangan sering dianggap sebagai hal sepele yang bisa hilang dengan sendirinya, namun nyeri tersebut bisa menghambat aktivitas bahkan bisa menjadi gejala penyakit serius. Kondisi ini umumnya banyak terjadi pada perempuan yang berusia lebih dari 40 tahun hal ini karena kegiatan rumah yang banyak dan pada pria biasanya disebabkan karena cedera olahraga.

Kondisi nyeri tangan memang bisa hilang dengan sendirinya, namun jika kondisi ini terus dibiarkan hal ini akan sangat mengganggu. Daripada anda hanya berdiam diri, mengapa anda tidak mencoba untuk meredakan nyeri pergelangan tangan dengan sendiri. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi nyeri pergelangan tangan :

  1. Kompres dengan menggunakan es batu.
    Es batu memiliki yang bisa menenangkan dan meregangkan saraf serta otot yang dapat mengurangi rasa nyeri pada saat menjalankan aktivitas. Anda bisa menggunakan es batu dengan cara dibalut menggunakan kain kemudian letakan pada pergelangan tangan yang mengalami rasa sakit. Cara ini sangat cocok untuk digunakan pada saat nyeri pergelangan tangan baik anak-anak atau dewasa. Selain dengan kompres anda juga bisa merendam pergelangan tangan yang sakit dengan merendam air dingin untuk menenagkan saraf dan otot sehingga aliran darah tetap lancar.
  2. Dengan olahraga pada saat bangun tidur.
    Untuk meringankan rasa nyeri pada pergelangan tangan anda bisa mengatasinya dengan olahraga ringan pada saat bangun tidur misalnya dengan meregangkan jari-jari tangan atau juga bisa dengan dengan kibas-kibas telapak tangan sambil menarik dan membuang napas secara teratur. Gerakan tersebut dapat membantu anda untuk mencegah kekakuan otot dan dapat menjaga kelenturan pergelangan tangan, anda bisa melakukan olahraga ini selama 20 detik.
  3. Dengan pijat refleksi.
    Pijat refleksi merupakan salah satu metode alternatif yang dilakukan untuk terapi pergelangan tangan. Pijat refleksi dipercaya dapat memberikan efek pada kesehatan seperti mengurangi rasa nyeri pada pergelangan tangan dan dapat membuat orang merasa menjadi lebih baik sehingga hal ini akan membuat seseorang menjadi lebih nyaman.
  4. Dengan menggunakan minyak jarak.
    Minyak jarak merupakan salah satu bahan alami ampuh yang banyak digunakan untuk mengatasi nyeri pergelangan tangan karena mengandung zat antiinflamasi yang bisa mengatasi peradangan. Minyak jarak bisa dioleskan pada bagian yang sakit lalu diberi pijatan perlahan agar peredaran darah semakin lancar dab supaya menghilangkan rasa sakit.

Itulah 4 cara mengatasi nyeri pergelangan tangan, selain dengan menggunakan cara diatas untuk menghilangkan dan mengatasi pergelangan tangan yang sakit anda bisa menggunakan cara alami lainnya yang sudah terbukti ampuh dan efektif. Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca artikel kami sebelumnya tentang : CARA MENGOBATI NYERI PERGELANGAN TANGAN.

Demikian informasi tentang cara mengatasi nyeri pergelangan tangan semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyimak.

Tinggalkan komentar